[vc_row][vc_column][vc_column_text]SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk mengoptimalkan website atau konten dengan tujuan membuat website atau konten tersebut berada di urutan teratas mesin pencari. Dengan berada di urutan teratas mesin pencari, diharapkan masyarakat akan lebih mudah menemukan produk yang dicarinya. Nantinya, konversi dan pencitraan bisa dilakukan setelah produk berhasil menarik perhatian masyarakat.
Akhir-akhir ini, teknik ini menjadi sangat terkenal karena jumlah pengguna internet semakin banyak dan mesin pencari semakin berperan vital dalam dunia bisnis di internet. Dibandingkan untuk bisnis besar, manfaat SEO untuk bisnis UKM jauh lebih terasa. SEO bisa menjadi andalan untuk pebisnis online pemula dengan modal minim, namun memiliki ambisi dan tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”SEO Memiliki Manfaat yang Beragam untuk Bisnis UKM”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Meningkatnya konversi dan penjualan adalah outcome yang paling diharapkan dari operasi pemasaran apapun. Namun, terlalu sempit jika sekadar berpikir bahwa hal tersebut adalah satu-satunya keuntungan yang bisa didapatkan. SEO bisa memberikan Anda banyak dan beragam manfaat dengan nilai yang tidak dapat diremehkan. Teknik ini sangat ramah untuk UKM, terutama jika pelakunya adalah pemula.
Beragamnya teknik SEO yang bisa diaplikasikan merupakan sesuatu yang tidak dapat diremehkan. Meskipun dampaknya tidak secepat dan seinstan iklan berbayar, teknik ini memiliki dampak yang lebih panjang. Berikut adalah 8 manfaat SEO untuk UKM yang harus Anda ketahui.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
1. Mudah Ditemukan di Mesin Pencari
Dampak langsung yang bisa Anda rasakan dari kampanye SEO adalah berada di urutan teratas hasil pencarian di mesin pencari Google. Dengan berada di urutan tersebut, produk dan bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan. Mesin pencari Google adalah media utama masyarakat dalam mencari beragam produk di internet. Kampanye SEO akan membuat produk Anda benar-benar visible.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
2. Target Pasar yang Spesifik
Pemanfaatan kata kunci pada kampanye SEO sangat berpotensi membuat pengunjung yang datang ke bisnis Anda adalah calon konsumen potensial. Alih-alih memasarkan produk Anda kepada orang yang sama sekali tidak memiliki minat pada bidang produk Anda, SEO membuat produk dipasarkan pada target pasar yang spesifik. Mengkonversi mereka (peminat) menjadi pembeli menjadi lebih mudah.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
3. Tingkat Konversi Lebih Besar
Manfaat ini sangat ada kaitannya dengan citra merek dan target pasar yang spesifik. Karena lebih spesifik, Anda tidak akan kesulitan membuat orang yang siap beli menjadi pembeli, bahkan menjadi pelanggan setia. Hal lain yang sebenarnya cukup menarik adalah orang ternyata lebih yakin pada produk yang menggunakan SEO ketimbang menggunakan PPC atau iklan berbayar.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
4. Pencitraan Produk Lebih Efektif
Memanfaatkan konten yang berkualitas dan bermanfaat adalah sebuah strategi yang memberikan dampak jangka panjang. Jika Anda mampu merilis konten berkualitas, maka kecintaan pada produk dan brand yang Anda miliki akan meningkat. Citra produk akan melekat kuat dan memancing calon konsumen setiap Anda merilis produk baru. Produk Anda tidak hanya dikenal luas tetapi juga akan nempel di otak masyarakat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
5. Pelengkap dan Ujung Tombak PR
SEO dapat berperan sebagai pelengkap atau ujung tombak PR. Meskipun sebenarnya sesuatu yang berbeda, namun keduanya saling berhubungan satu sama lain. Kombinasi antara cara mempublikasikan produk dengan tepat dan media publikasi (influencer) mana yang akan digunakan akan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Terlebih, jika ditunjang oleh konten yang sangat berkualitas.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
6. Memberikan Alat Analisis Komprehensif
Kampanye SEO tidak jarang melibatkan alat-alat (program) yang mampu mengumpulkan beragam data dengan cepat dan mudah. Salah satu alat yang paling banyak digunakan adalah Google Analytics. Melalui alat tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak informasi, diantaranya demografi pengunjung dan perilaku pengunjung. Nantinya, informasi tersebut sangat berguna untuk pengembangan bisnis.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
7. Mampu Bersaing dengan Perusahaan Besar
Untuk mengimbangi perusahaan besar dengan keunggulan di bidang finansialnya, SEO bisa Anda andalkan. Tengok saja banyaknya perusahaan UKM yang mampu bersaing dengan perusahaan besar meskipun dengan modal yang minim. Menggunakan teknik SEO juga membuat bisnis Anda tetap relevan meskipun tidak memanfaatkan media pemasaran digital yang mahal dengan hasil yang cepat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
8. Biaya yang Lebih Hemat
Faktor biaya mungkin menjadi faktor dominan pelaku bisnis UKM dalam memilih metode pemasaran digital mana yang akan dipilihnya. Biaya untuk kampanye SEO tidak mahal. Sekalipun Anda menggunakan jasa SEO profesional dan berpengalaman, biaya untuk iklan berbayar di internet bisa lebih mahal. Hal ini tentu saja merupakan sebuah keuntungan yang sulit ditahan oleh pemilik bisnis kelas kecil hingga menengah.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Tidak dapat dipungkiri, jika dampak dari kampanye SEO tidak bisa dilihat dalam waktu dekat. Dibutuhkan kesabaran untuk bisa melihat hasil SEO yang sebenarnya. Fakta tersebut tetap tidak dapat menutupi 8 manfaat SEO untuk bisnis UKM yang telah dijelaskan tersebut. Untuk pelaku bisnis UKM, SEO memberikan peluang dan keuntungan besar dengan biaya yang rendah dan ekonomis.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]