Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing

Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing

Definisi, Jenis, dan Kelebihan Influencer Marketing

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Kata influencer sering sekali muncul di era digital akhir-akhir ini. Istilah ini memiliki kaitan yang erat dengan dunia media sosial, internet, selebriti, dan bahkan kontroversi. Influencer bisa dimaknai sebagai seseorang yang berpengaruh. Para influencer ini sudah menjadi media iklan dan promosi bisnis sejak lama. Bedanya hari ini, peran influencer semakin luas dan semakin banyak orang “memberanikan” diri menjadi influencer.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Definisi Influencer Marketing”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Fenomena figur “berjualan” pengaruh ini memunculkan tren dan teknik pemasaran digital baru yang bernama influencer marketing. Influencer marketing adalah teknik memasarkan (promosi, iklan, dll) sebuah produk atau brand dengan memanfaatkan figur berpengaruh. Figur ini berasal dari beragam latar belakang, dari mulai selebriti hingga seseorang yang terkenal sekalipun tidak memiliki keahlian.

Di masa lampau, berjualan pengaruh melalui figur terkenal hanya bisa dilakukan di televisi dan radio. Saat ini media sosial menjadi media terbaik untuk mempromosikan produknya dengan menggaet para influencer. Nantinya, para selebriti medsos ini akan mempromosikan produk Anda kepada para follower setianya. Sebuah metode pemasaran mutakhir yang digunakan oleh perusahaan kecil maupun besar.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Jenis Influencer Marketing”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Berdasarkan jumlah pengikutnya, terdapat 3 jenis influencer marketing.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. Influencer Mikro

Influencer dengan jumlah pengikut antara 1.000 hingga 100.000 orang disebut influencer mikro. Influencer mikro ini biasanya adalah seseorang yang ahli di bidang yang spesifik, contohnya ahli di bidang tata rias dan ahli di bidang otomotif. Popularitas dan pengaruh influencer mikro ini lebih terasa di kalangan orang yang menyenangi dan antusias di bidang-bidang yang spesifik.

Tarif untuk influencer mikro ini terjangkau dan lebih rendah dari tarif influencer lainnya. Influencer mikro ini biasanya sudah memiliki image dan reputasi yang kuat di bidangnya. Relasi antara influencer dengan pengikutnya pun lebih intim. Karena alasan popularitas dan kekhususannya, jenis influencer ini tidak begitu cocok digunakan untuk kampanye produk dan brand yang umum.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

2. Influencer Makro

Influencer dengan jumlah pengikut 100.000 hingga 1.000.000 orang disebut influencer makro. Influencer makro ini biasanya berasal dari latar belakang seorang pembuat video blog atau pemilik blog. Orang-orang ini selain memiliki keahlian yang spesifik, juga memiliki kepribadian dan visi yang kuat. Pengaruh influencer makro lebih besar dari influencer mikro dengan relasi yang sebagian kuat sebagai lagi casual.

Jangkauan influencer mikro ini cukup luas dengan peluang mendapatkan pengaruh dan follower yang tinggi. Dari jumlah pengikutnya saja, dapat dipastikan jika tarif untuk seorang influencer makro lebih besar dari influencer mikro. Kekurangan dari influencer ini adalah popularitasnya yang masih sebatas selebriti “lokal” atau selebriti di bidangnya. Sementara untuk kategori umum jangkauannya masih kurang.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

3. Influencer Mega

Influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 1.000.000 orang disebut influencer mega. Inilah jenis influencer yang paling berpengaruh dengan popularitas yang tinggi. Influencer mega berasal dari latar belakang pesohor, dari mulai penyanyi, pemain film, model, atlet, selebriti, politis, pebisnis, pendakwah, hingga pelawak. Pengaruh influencer mega sangat kuat dan terasa di berbagai lini masyarakat.

Siap-siap merogoh kocek yang dalam jika Anda ingin menggunakan jas influencer mega ini. Biaya jasa yang mahal tersebut tentunya sebanding dengan pengaruh yang ditawarkannya. Influencer mega ini dikenal banyak kalangan dan dapat dengan mudah mempromosikan produk Anda. Kekurangan dari influencer ini tidak cocok untuk target pasar yang spesifik dan tidak ramah anggaran untuk pebisnis UKM.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Kelebihan Influencer Marketing”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]3 kelebihan influencer marketing ini akan meyakinkan Anda bahwa metode tersebut menguntungkan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

1. Membangun Citra dan Kepercayaan dengan Lebih Cepat

Citra dan brand awareness dari bisnis Anda akan lebih mudah ditransfer ke pengikut influencer yang Anda pilih. Proses ini akan berlangsung cepat karena para influencer tersebut sudah memiliki pengaruh kuat terhadap para pengikutnya. Terlebih, jika produk yang Anda tawarkan memilih shared value dengan kepribadian, visi, dan preferensi dari influencer yang Anda gunakan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

2. Mencapai Target Pasar dengan Mudah

Influencer marketing adalah metode pemasaran digital yang menjamin produk dan brand dapat menjangkau target pasar dengan mudah. Pilih influencer dengan kriteria yang sesuai dengan produk Anda dan otomatis influencer akan dengan mudah menjangkau pengikutnya dan siapapun yang memiliki kesamaan interest. Riset dan evaluasi target pasar dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]

3. Dibandingkan Media Konvensional, Biayanya Lebih Ekonomis

Biaya iklan di televisi (bahkan di waktu tayang tidak strategis) tidak murah. Biaya menggunakan influencer media sosial lebih ekonomis. Selain itu, biayanya cukup fleksibel dan bergantung pada jenis influencernya. Jika keuangan terbatas, gunakan saja influencer mikro. Jika uang sedang melimpah manfaatkan influencer mega. Jenis marketing ini cukup mengakomodasi situasi dan kondisi Anda.[/vc_column_text][vc_column_text]Profesi influencer memiliki prospek yang jelas. Migrasi selebriti ke media sosial membuat pemasaran digital kian ramai dan kian menjanjikan. Influencer marketing adalah metode pemasaran digital yang sangat bisa diandalkan. Anda bisa memanfaatkan metode ini sesuai dengan kemampuan Anda. Metode ini merupakan salah satu metode pemasaran digital dengan tingkat kesuksesan yang tidak dapat diremehkan.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Posted in Influencer Marketing
Previous
All posts
Next

Write a comment