[vc_row][vc_column][vc_column_text]Pemasaran digital atau digital marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan media digital. Contoh media digital adalah media sosial, website, email, dan video viral. Sebagaimana marketing pada umumnya, digital marketing bertujuan mempopulerkan sebuah produk atau jasa. Saat ini, digital marketing menjadi teknik pemasaran favorit bagi semua pebisnis, terutama pebisnis pemula dan UKM.
Biaya untuk melakukan pemasaran digital lebih murah ketimbang biaya pemasaran konvensional. Selain itu, semakin banyaknya pengguna internet dan smartphone, membuat teknik marketing ini semakin banyak dipraktikkan. Jika Anda seorang pebisnis pemula dan UKM, belajar digital marketing menjadi hal yang perlu Anda lakukan sesegera mungkin. Ada banyak metode digital marketing yang bisa Anda manfaatkan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”5 Teknik Digital Marketing Yang Perlu Anda Tahu”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Ada 5 teknik dasar digital marketing yang perlu Anda ketahui dan kuasai. Tanpa mengetahui bagaimana teknik pemasaran bekerja, mustahil Anda bisa mencapai kesuksesan yang diidamkan. Pengetahuan mengenai 5 teknik dasar tersebut adalah tahap awal dan gerbang Anda menuju dunia digital marketing yang kian kompleks. Berikut adalah 5 teknik digital marketing yang baik untuk pebisnis pemula dan UKM.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah teknik membuat konten dan website berada di urutan teratas hasil pencarian mesin pencari. Dengan berada di urutan teratas mesin pencari, produk yang Anda tawarkan akan mudah ditemukan dan jumlah pengunjung website Anda akan meningkat. SEO adalah teknik digital marketing favorit para pemula bisnis. Teknik ini tidak akan menguras anggaran iklan dan pemasaran Anda.
Beberapa teknik SEO yang sangat umum dipraktikkan adalah pengoptimalan kata kunci, membuat konten berkualitas, mempercepat loading website, dan mengoptimalkan website untuk smartphone. SEO tidak memberikan hasil yang instan. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mewujudkan ekspektasi Anda. Namun, SEO ini memberikan dampak jangka panjang dan bisa membuat konsumen menjadi loyal.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
2. PPC (Pay Per Click)
PPC adalah jenis iklan berbayar di internet, terutama mesin pencari. Sebagaimana iklan konvensional, Anda hanya perlu mencari penyedia jasa dan membayar sejumlah uang untuk membuat produk Anda berada di tempat yang banyak dikunjungi orang. Bedanya dari iklan konvensional, Anda hanya akan membayar berdasarkan jumlah orang yang mengklik iklan Anda (bayar per klik).
Dari segi finansial, PPC menawarkan fleksibilitas. Dengan anggaran yang minimpun, jika Anda mampu mengkalkulasikan target pasar dengan baik, metode pemasaran ini tidak akan menghabiskan biaya yang besar. PPC biasanya tampil di mesin pencari, website, dan termasuk media sosial. PPC adalah metode yang memberikan dampak instan dalam durasi yang pendek. Jika anggaran banyak, PPC ini sangat efektif.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
3. Email Marketing
Pemasaran dan iklan melalui email masih bisa diandalkan. Belajar digital marketing tidak akan lengkap tanpa memahami metode pemasaran online klasik satu ini. Produk yang Anda tawarkan akan dipromosikan melalui email yang Anda kirim ke target pasar. Agar hasilnya efektif, Anda bisa menggunakan program pemasaran email. Tidak mudah harus mengelola dan mengirim email dalam jumlah hingga ratusan copy.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
4. SMM (Social Media Marketing)
Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak bagaiaman teknik pemasaran ini dipraktikkan. SMM akan memanfaatkan saluran media sosial yang ada untuk mempromosikan produk yang Anda tawarkan. Perlu Anda ingat, metode promosi ini tidak seaneh dan sesederhana iklan-iklan dan promosi yang muncul di kolom komentar. Diperlukan konten berkualitas dan strategi pemasaran yang tepat.
Melakukan promosi di Facebook dan Instagram bisa berbeda. Satu trik mungkin tidak akan selalu bekerja pada banyak media sosial. Riset yang baik dan mengenal kapabilitas media sosial yang Anda gunakan akan membantu mewujudkan kampanye pemasaran yang sukses. Memanfaatkan influencer media sosial juga bisa Anda lakukan untuk membuat produk yang Anda tawarkan “meledak” dengan cepat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
5. Marketing Konten
Fokus utama dalam teknik pemasaran digital ini adalah konten yang berkualitas. Konten ini tidak sebatas artikel berbentuk teks dan instruksi. Video dan infografis termasuk dalam konten yang bisa Anda buat dan distribusikan dengan baik. Konten berkualitas ini sangat bisa meningkatkan traffic dan menarik perhatian banyak orang dalam waktu singkat. Konten berkualitas bisa awet dan memiliki dampak jangka panjang.
Sebagai contoh, ada dua tipe konten yang bisa memberikan dampak yang signifikan. Konten pertama adalah artikel dengan tema yang umum, contohnya daftar terbaik dan tutorial. Artikel semacam ini mampu menghasilkan traffic secara konsisten. Konten kedua adalah konten viral, biasanya dalam bentuk video. Konten viral ini akan menjadi peledak yang akan membuat orang otomatis berpaling kepada produk Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Panduan dasar belajar digital marketing ini memang spesifik ditujukan untuk pebisnis pemula dan UKM. Namun, tidak menutup kemungkinan pebisnis senior yang baru masuk dunia bisnis digital pun akan merasakan manfaatnya. Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan para profesional marketing digital terkemuka. Anda bisa memanfaatkan semua teknik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]