[vc_row][vc_column][vc_column_text]Ada banyak teknik dan alat digital marketing yang bisa dipraktikkan untuk membuat bisnis Anda kian berkembang dan menghasilkan profit sesuai dengan ekspektasi. Sayangnya, tidak semua teknik dan strategi tersebut bisa memberikan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah strategi terbaik adalah strategi yang sesuai dengan karakteristik bisnis dan bisa Anda praktikkan dengan mudah.
Sepintas, digital marketing terlihat mudah dipraktikkan. Faktanya, untuk mencapai kesuksesan melalui metode pemasaran digital tersebut diperlukan pengalaman dan pemilihan strategi yang tepat. Ada 10 strategi digital marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Ingatlah bahwa efektivitas sebuah strategi bergantung pada jenis bisnis dan bagaimana Anda menerapkannya.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Daftar Strategi Pemasaran Digital Yang Benar”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Berikut adalah 10 strategi pemasaran digital marketing dari para pakar ahli dan pelaku digital marketer Indonesia yang bisa dipilih dan dimanfaatkan untuk bisnis Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO bisa menjadi core strategi pemasaran digital untuk pebisnis pemula dan UKM. Manfaat utama SEO adalah menarik perhatian orang melalui hasil pencarian mesin pencari. Pengoptimalan keyword akan berperan vital dalam menarik traffic dan jumlah pengunjung yang banyak. Selain meningkatkan traffic dan jumlah pengunjung, strategi ini juga mampu memperkuat citra dari brand bisnis Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
2. Pemasaran Media Sosial
Hari ini, siapa yang tidak menggunakan medsos. Media sosial memegang perang penting dalam kesuksesan bisnis di dunia digital. Eksistensi dan aktivitas bisnis Anda di media sosial meningkatkan popularitas produk, traffic, menciptakan konsumen yang loyal, dan tentu saja meningkatkan penjualan. Konten yang baik dan interaksi sosial yang berkualitas bisa menjadi penentu kesuksesan strategi ini.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
3. Pemasaran Konten
Konten berkualitas tidak hanya memberikan kesan mendalam bagi pembacanya tetapi juga berpotensi menjadi hub dari konten-konten lain yang Anda buat. Selain menjadi penghubung, konten berkualitas yang berhasil menyelesaikan masalah akan menciptakan kepercayaan dan loyalitas. Tingkat konversi akan meningkat, kredibilitas menguat, dan target pasar Anda akan sangat mengingat brand bisnis Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
4. Memanfaatkan Influencer
Ada alasan kuat kenapa semakin banyak selebriti beredar di media sosial. Medsos memberikan lahan bisnis baru bagi mereka yang berjualan pengaruh. Anda tidak boleh ketinggalan dan bisa memanfaatkan influencer untuk membuat bisnis Anda semakin populer. Anda tidak akan pernah menyangka kuatnya pengaruh seorang influencer dan loyalitas penggemarnya. Hal ini tidak boleh Anda lewatkan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
5. Pemasaran Email
Belum waktunya email mati dan dianggap tidak layak masuk dalam daftar strategi digital marketing yang efektif. Hingga saat ini email marketing masih bisa diandalkan. Untuk menarik minat konsumen, buatlah email dengan bahasa yang jelas, manfaatkan daftar-daftar, tidak ada basa-basi, dan optimalkan untuk pengguna ponsel. Jangan pernah meremehkan strategi pemrasaran digital klasik satu ini.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
6. Iklan Berbayar (PPC)
Iklan berbayar atau PPC tidak boleh Anda abaikan, meskipun biaya yang Anda keluarkan tidak sedikit. Dengan memanfaatkan PPC, salah satunya AdWords, Anda akan mendapatkan hasil instan dalam waktu yang cepat. PPC ini akan membuat produk Anda berada di urutan teratas hasil pencarian mesin pencari. Otomatis, siapapun akan “tergoda” untuk mengklik iklan tersebut dan pengunjung akan terus bertambah.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
7. Konten Viral
Status viral tidak selalu baik dan memberikan kesan yang positif. Namun, hal tersebut tidak boleh membuat Anda menghapus strategi ini. Yang Anda butuhkan hanya membuat 1 konten viral terutama dalam bentuk video. 1 konten aneh, heboh, dan berbau click bait sudah lebih dari cukup untuk membuat publik berbondong-bondong mengunjungi sumber viral tersebut. Dari sini, silakan Anda manfaatkan lebih jauh.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
8. Aktif di Komunitas
Jadi manusia sosial dan aktif di komunitas yang ada hubungannya dengan produk yang Anda tawarkan. Menjadi bagian dari komunitas sudah memberikan nilai plus dan tambahan kredibiltas pada target pasar. Dengan berada di sebuah komunitas, menargetkan konsumen potensial dan mempromosikan produk menjadi mudah dilakukan, dan terutama lebih mudah diterima konsumen (ada minat dan satu bidang).[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
9. Pemasaran Afiliasi
Program afiliasi akan membuat Anda bisa duduk manis dan bersantai selagi orang lain memasarkan produk Anda. Strategi ini tidak berbeda jauh dengan strategi memanfaatkan influencer. Perbedaan terbesarnya, Anda menggaet sales murni yang sudah tahu apa yang akan dilakukannya. Pembagian komisi dan tracking program ini akan menjadi tantangan berat. Jika sukses melewatinya, sukses hanya tinggal tunggu waktu.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
10. Memanfaatkan Podcast
Strategi digital marketing terakhir dalam daftar ini adalah memanfaatkan podcast. Podcast untuk bisnis mulai populer di negeri ini dan tidak dapat dipungkiri memiliki peluang cerah di masa depan. Anda bisa memanfaatkan acara podcast tokoh terkenal dan menyelipkan iklan dalam bentuk rekaman suara atau membuat acara podcast sendiri dengan konten-konten yang berkualitas sebagai menu utamanya.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Jangan terlalu terburu-buru dalam memilih strategi mana yang Anda anggap terbaik. Lakukan riset yang baik dan amati situasi kondisi dengan cermat agar Anda mampu memilih strategi yang paling efektif. Jika memang diperlukan lakukan konsultasi dengan expert di bidang digital marketing untuk mendapat ide mengenai kombinasi strategi mana yang akan membuat bisnis Anda meroket dengan cepat.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]