[vc_row][vc_column][vc_column_text]Jumlah pengguna Instagram di Indonesia sangat besar, bahkan salah satu yang terbesar di Asia. Fakta tersebut harus Anda manfaatkan dengan memanfaatkan iklan di Instagram. Kemungkinan besar orang membeli produk dari Instagram pun cukup besar. Memasang iklan di Instagram menjadi keputusan bisnis yang tepat termasuk untuk para pebisnis pemula dan UKM.
Cara pasang iklan di Instagram tidak sulit. Anda akan memasangnya melalui Facebook Ads Manager. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa Facebook bukan Instagram. Facebook terlah mengakuisisi Instagram pada 2012 lalu. Semua proses periklanan harus melalui Facebook. Jika Anda sudah pernah membuat iklan untuk Facebook, maka prosesnya menjadi lebih mudah dan lebih cepat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Panduan Memasang Iklan di Instagram”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Berikut adalah panduan cara pasang iklan di Instagram gratis untuk Anda para pebisnis pemula.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
1. Akses Facebook Ads Manager
Akses website Facebook Ads Manager, kemudian login dengan akun FB Anda (buat jika belum punya).[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
2. Pilih Iklan Terpadu
Selanjutnya, Anda akan memilih Pembuatan Iklan Terpadu.
- Akses menu Kampanye.
- Klik Buat Iklan.
- Ada 2 opsi yang bisa Anda pilih.
- Opsi ke-1 adalah Pembuatan Iklan Terpadu.
- Opsi ke-2 adalah Pembuatan Iklan Cepat.
- Pilihan yang direkomendasikan adalah Pembuatan Iklan Terpadu.
- Alasannya, karena opsi tersebut lebih spesifik.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
3. Pilih Tujuan Iklan
Terdapat 3 tujuan iklan yang harus Anda pilih.
a. Kesadaran
Kesadaran bertujuan membuat orang-orang lebih sadar terhadap produk yang Anda tawarkan.
b. Pertimbangan
Ada 6 hasil akhir yang bisa dicapai jika Anda memilih tujuan ini.
- Meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda.
- Merangsang interaksi pengunjung, dari mulai berkomentar hingga mengklik tombol like.
- Diharapkan orang menginstal aplikasi yang Anda tawarkan.
- Membuat orang memainkan video atau konten lainnya.
- Mengumpulkan data-data berharga yang nantinya bisa digunakan untuk promosi.
- Mengajak target untuk lebih mempopulerkan produk melalui beragam media komunikasi.
c. Konversi
Hasil akhir utama dari tujuan ini adalah mengkonversi pengunjung menjadi pembeli (offline/online)[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
4. Pilih Jenis Iklan
Terdapat 2 jenis iklan yang harus Anda pilih.
- Uji Split
Anda akan membuat 2 iklan dengan konten yang hampir sama. Tujuannya adalah membuat target melihat dua iklan tersebut. Ujung-ujungnya memang sama, namun setiap orang memiliki selera yang berbeda. Uji Split membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu pengerjaan yang tidak sebentar.
- Pengoptimalan Anggaran
Jenis iklan ini lebih fleksibel dan mengikuti anggaran yang Anda miliki. Jenis iklan ini lebih ramah dikantong para pebisnis pemula dan UKM. Jadi, pilih saja opsi ini agar Anda tidak kesulitan kemudian.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
5. Tentukan Nama Iklan dan Lalu Lintas Kunjungan
Silakan beri nama iklan dan pilih lalu lintas kunjungan. Untuk yang terakhir, Anda bisa memilih traffic akan diarahkan ke mana, apakah Messenger, WhatsApp, atau pilihan lain.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
6. Tampilkan Promo
Anda memiliki opsi untuk menampilkan promo atau tidak. Sebaiknya Anda memiliki menampilkan promo.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
7. Tentukan Target Audiens
Anda bisa menentukan target audiens berdasarkan ke-7 faktor berikut ini.
- Khusus
Target adalah orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda, offline maupun online. Jadi, orang-orang ini pernah berhubungan di Facebook, website, Twitter, dan termasuk kontak di ponsel Anda.
- Lokasi
Target ada pada area atau lokasi (kode pos, provinsi, alamat, negara, dll) yang Anda pilih.
- Jenis Kelamin
Target adalah laki-laki, perempuan, atau keduanya.
- Bahasa
Target adalah orang yang menggunakan bahasa tertentu. Kosongkan untuk opsi bahasa yang umum.
- Terperinci
Target adalah orang-orang dengan latar belakang dan karakter yang sangat terperinci.
- Koneksi
Target adalah orang yang memiliki koneksi khusus dengan Anda dan memiliki minat pada produk Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
8. Pilih Penempatan.
Anda memiliki 2 pilihan penempatan.
- Penempatan Otomatis agar iklan tampil di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang berafiliasi dengan Facebook.
- Edit Penempatan untuk membuat iklan tampil di tempat yang ingin Anda tampilkan.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
9. Tentukan Jadwal
Silakan pilih durasi iklan yang akan Anda tampilkan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
10. Hubungkan ke Instagram
Silakan hubungkan iklan ini dengan akun Instagram yang Anda pilih. Sangat dianjurkan untuk menggunakan akun Instagram yang Anda buat untuk keperluan bisnis.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
11. Tentukan Format Iklan
Terdapat 5 format iklan yang harus Anda pilih. Ke-5 format iklan tersebut adalah karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan koleksi. Silakan pilih yang sesuai dengan visi Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
12. Menulis Deskripsi
Silakan buat deskripsi yang jelas dan menarik mengenai iklan yang akan Anda buat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
13. Memilih Gambar, Judul, dan URL
Anda bisa menyertakan gambar untuk melengkapi deskripsi iklan. Perhatikan format gambar (jangan sampai salah) dan tulis juga judul iklannya. Terakhir, sertakan URL (tautan) tujuan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
14. Lunasi Pembayaran
Langkah terakhir dari panduan cara pasang iklan di Instagram ini adalah melunasi pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu debit maupun kredit. Setelah melunasi pembayaran, tunggu review dari FB, serta pemeriksaan syarat dan ketentuan. Jika berhasil, maka iklan sudah bisa ditampilkan.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Ternyata memasang iklan di Instagram tidak sulit. Malas dan ragu menjadi alasan kenapa banyak orang melewatkan kesempatan emas memanfaatkan salah satu media sosial terpopuler zaman ini. Tidak butuh waktu lama setelah Anda mengiklankan produk Anda di Instagram untuk bisa menarik perhatian banyak orang. Selain melalui Instagram, manfaatkan juga medsos lain untuk hasil yang lebih baik.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]