[vc_row][vc_column][vc_column_text]Selain menggunakan SEO sebagai metode pemasaran digital yang menjamin hasil yang awet, Anda juga bisa memanfaatkan Google Ads (AdWords) untuk memasarkan produk Anda dengan cepat di internet. Melalui AdWords, produk bisnis Anda akan mudah ditemukan di mesin pencari Google maupun di beragam website. AdWords memberikan hasil yang hampir instan dengan biaya yang fleksibel.
Menggunakan AdWords adalah strategi yang umum untuk pelaku bisnis di dunia digital. Strategi ini biasanya digunakan untuk Anda yang menginginkan ledakan yang bisa merangsang minat publik terhadap produk Anda dengan cepat. Cara pasang iklan di Google Ads tidak sulit. Prosedur yang disediakan oleh Google tidak akan memberatkan siapapun. Anda dijamin bisa memasang iklan dalam waktu yang singkat.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][wgl_double_headings title_color=”#252525″ subtitle_color=”#5ac4b0″ title=”Panduan Menggunakan AdWords untuk Bisnis Anda”][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]Berikut adalah panduan menggunakan AdWords untuk bisnis Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
1. Membuat Akun Google
Sekalipun Anda memiliki akun Google, sebaiknya membuat akun baru khusus untuk Google AdWords. Buka website Google AdWords, kemudian Sign Up untuk membuat akunnya. Isi formulir pendaftaran dengan data yang valid. Jangan khawatir, prosesnya sangat mudah dan cepat. Setelah memiliki akunnya, maka Anda akan diarahkan untuk membuat iklan AdWords pertama Anda.[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
2. Menentukan Budget
Hal pertama yang perlu Anda lakukan dengan baik adalah menentukan budget. Menentukan budget ada di urutan pertama dalam rangkaian kampanye Google AdWords Anda.
- Tentukan mata uang yang akan Anda gunakan.
- Setelah itu, tentukan anggaran harian Anda untuk iklan AdWords.
- Jika bingung, bisa isi dengan budget menengah, tidak kecil atau tidak besar.
- Klik Save untuk menyimpan budget.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
3. Memilih Target Audiens
Anda harus memilih target audiens berdasarkan lokasi geografisnya.
- Anda memiliki kebebasan untuk memilih lokasi yang umum atau spesifik.
- Klik Let me choose untuk memilih lokasi secara spesifik.
- Ketik nama negara, kota, atau kode pos.
- Anda bisa menggunakan opsi advanced search untuk pencarian lokasi yang lebih detail.
- Pada opsi tersebut, Anda bahkan bisa menentukan radius dan statistik area lainnya.
- Anda juga bisa menggunakan pilihan custom dengan opsi Tambahan.
- Klik Save untuk menyimpan target audiens.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
4. Memilih Jaringan
Langkah selanjutnya dalam panduan cara pasang iklan di Google Ads adalah memilih jaringan iklan. Anda akan memilih jaringan mana yang akan menampilkan iklan yang akan Anda buat.
- Terdapat 2 opsi jaringan.
- Opsi ke-1 adalah Search Network.
- Search Network adalah mesin pencari Google. Iklan Anda akan tampil di sana.
- Opsi ke-2 adalah Display Network.
- Display Network adalah wesbite yang menampilkan iklan.
- Untuk pemula, sebaiknya anda pilih Search Network.
- Strategi SEO dan organik Anda akan lebih terasa pada jaringan tersebut.
- Klik Save untuk menyimpan jaringan iklan.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
5. Memilih Keywords
Anda akan memilih keywords apa yang akan menampilkan iklan Anda. Semakin spesifik kata kuncinya maka semakin baik nantinya. Tahap ini penting karena berkaitan dengan pengoptimalan kata kunci. Sangat dianjurkan untuk hanya memilih beberapa kata kunci yang Anda anggap paling possible memberikan hasil.
- Ketik kata kunci yang Anda targetkan.
- Klik Tambahkan untuk memasukkan dalam daftar.
- Anda bisa menggunakan 15-20 kata kunci.
- Perhatikan popularitas pencarian.
- Semakin tinggi, maka semakin mahal biaya yang akan Anda keluarkan.
- Bijaklah dalam memilih dan hanya gunakan kata kunci yang optimal.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
6. Menentukan Penawaran
Saatnya Anda memberikan penawaran untuk iklan yang Anda buat dengan detail yang sudah disimpan.
- Ada 2 opsi penawaran.
- Opsi ke-1 adalah Google menentukan otomatis.
- Opsi ke-2 adalah Anda menghitung sendiri biaya iklan.
- Untuk pemula, pilih opsi ke-1 saja agar proses perhitungan menjadi lebih mudah dan cepat.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]
7. Membuat Iklan
Inilah inti utama dari rangkaian cara pasang iklan di Google Ads. Hal yang perlu Anda ingat dalam proses ini adalah bagaimana membuat iklan yang pesannya bisa dipahami oleh target audiens. Ada 3 tips untuk membuat iklan yang berkualitas. Ketiganya adalah buat iklan yang pendek, headline dari iklan adalah bagian yang krusial, dan berikan instruksi yang jelas pada target audiens.
- Isi semua kolom yang ada.
- Isi Landing page.
- Isi Headline 1.
- Isi Headline 2.
- Pada headline, dianjurkan untuk menggunakan kata kunci yang telah Anda pilih sebelumnya.
- Buat Deskripsi yang baik. Jangan sampai ada salah ketik.
- Simak juga tips membuat iklan yang muncul otomatis ketika mengisi deskripsi.
- Perhatikan bagan Ad Preview untuk melihat bagaimana iklan Anda akan ditampilkan.
- Setelah Anda merasa yakin dengan iklan yang Anda buat, klik Save.
- Proses selanjutnya, Google akan bertanya mengenai bisnis Anda dan metode pembayaran.
- Selesaikan proses dan iklan AdWords Anda siap ditampilkan.
[/vc_column_text][wgl_spacing spacer_size=”15px”][vc_column_text]AdWords memiliki kemampuan untuk melacak performa dari iklannya. Hal ini adalah sebuah keuntungan yang harus Anda manfaatkan dengan baik. Lakukan evaluasi performa secara berkala untuk mempersiapkan strategi marketing selanjutnya. Bantuan dari jasa marketer digital profesional mungkin Anda perlukan untuk membuat hasil kampanye periklanan Anda lebih baik lagi.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]