Dalam dunia bisnis analisa performa website atau mengetahui kecepatan akses loading suatu website sangat penting dan ini harus diperhatikan, sebagai seorang web developer yang sepenuhnya memegang website harus berupaya bagaimana caranya supaya kecepatan suatu website terjaga, jangan sampai membuat website loading terlalu lama, apalagi sampai terjadi error.
7 Analisa performa website yang perlu diperhatikan untuk dapat meningkatkan penjualan
1. Kecepatan loading
Kecepatan loading suatu halaman website sangat mempengaruhi terhadap bisnis terlebih bagi website yang melakukan transaksi penjualan, semakin cepat suatu website maka akan memudahkan para pembeli melakukan transaksi, sebaliknya kalau website nya loading lama bahkan eror akan membuat calon pembeli membatalkan pembeliannya.
2. Optimisasi gambar
Sebelum mengupload suatu gambar untuk website kamu bisa mengkompres gambar agar ukurannya lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar, hal tersebut bertujuan untuk membuat suatu website ringan atau cepat saat diakses.
3. Responsivitas
Responsivitas website, yaitu sejauh mana website dapat menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung, seperti smartphone atau tablet.
4. SEO
Salah satu yang membuat performa website meningkat yaitu dengan penerapan SEO (Search Engine Optimization) website, seperti penggunaan kata kunci, struktur URL yang mudah dibaca, dan backlink.
5. Analisa traffic
Selalu menganalisa traffic website, seperti jumlah pengunjung dan halaman yang paling sering dikunjungi, hal tersebut sangat bermanfaat untuk strategi penjualan kedepannya
6. Kinerja server
Mengukur kinerja server yang digunakan untuk website, seperti waktu yang dibutuhkan untuk merespons permintaan dan kecepatan transfer data
7. Keamanan website
Menjaga keamanan website, seperti menggunakan SSL (Secure Socket Layer) dan melakukan backup data secara teratur perlu diperhatikan secara berkala demi keamanan data data website dan data data pengunjung website tersebut
Mengetahui web analytics memberikan beberapa keuntungan, di antaranya
1. Meningkatkan performa website
Mengetahui tentang audience yang berkunjung pada website, pemilik website dapat menganalisa performa website serta mengoptimalkan website agar lebih efisien dan menarik bagi pengunjung.
2. Memahami perilaku pengunjung
Dengan mengetahui perilaku pengunjung, seperti lokasi geografis dan sumber lalu lintas, pemilik website dapat mengoptimalkan strategi pemasaran agar lebih relevan dan menarik
3. Meningkatkan konversi
Dengan menganalisis data konversi, seperti jumlah pengunjung yang melakukan pembelian atau mendaftar, pemilik website dapat mengoptimalkan tampilan dan fungsi websitenya agar lebih efektif dalam meningkatkan konversi.
4. Mengukur ROI
Pemilik website dapat menghitung ROI (Return on Investment) dari kampanye pemasaran dan pengembangan website.
5. Memantau kinerja pesaing
Dengan mengumpulkan data pesaing, seperti kata kunci yang mereka gunakan dan strategi pemasaran yang mereka terapkan, pemilik website dapat mempelajari dari pesaing dan mengembangkan strategi pemasaran dan pengembangan website yang lebih baik.
6. Mengoptimalkan SEO
Menerapkan dan mengoptimalkan SEO, seperti kata kunci yang digunakan oleh pengunjung dan backlink yang masuk ke website, pemilik website dapat mengoptimalkan SEO website agar lebih efektif dalam menarik pengunjung untuk melakukan penjualan dan meningkatkan peringkat di mesin pencari.
Itulah beberapa penjelasan mengenai analisis performa sebuah website serta mengetahui keuntungan dari web analytic. Hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai pedoman kedepan
Dengan melakukan perbaikan yang tepat dan perawatan secara berkala pada sebuah website dapat memiliki waktu muat yang lebih cepat
Kamu harus selalu memperhatikan performa website karena akan mempengaruhi bagaimana pengunjung melihat dan merespon website kita.
Baca juga :
Konsultasi gratis tentang digital marketing bagi pemula
Jasa Website Analytics Terbaik dan Profesional di Indonesia
Jasa Pembuatan Website & Mobile Apps (untuk ios android) Terbaik Indonesia